Jenis Makanan Khas Dari Sumatera Utara

Jenis Makanan Khas Dari Sumatera Utara

Berkunjung ke kota Medan tentu saja tak lengkap rasanya apabila Anda tidak mencoba masakan yang ada disana. Rasa masakan dari kota Medan ini terkenal akan rasa yang nikmat dari kekayaan rempah yang ada disana. Sehingga masakan khas ini menjadi salah satu perhatian yang dimiliki oleh pemerintah Sumatera Utara. Beragam kuliner ini sengaja dilestarikan dengan banyaknya dijual pada kota ini. Untuk mengetahui mengenai ragam makanan ini ada baiknya kenali satu persatu.

Jenis makanan khas Sumatera Utara yaitu:

1. Sambal Tuktuk

Sambal ini pada dasarnya sama dengan jenis sambal lainnya. Hal ini karena jenis sambal ini menggunakan bahan yang sama seperti cabe, tomat, bawang putih, bawang merah dan masih banyak lainnya. Namun perbedaannya terletak pada campuran yang ada berupa ikan aso-aso. Sedikit informasi mengenai jenis ikan ini merupakan kembung yang dikeringkan. Namun apabila tidak ada maka bisa digantikan dengan ikan teri tawar.

2. Arsik

Arsik adalah masakan khas dari Tapanuli yang dibuat dari jenis ikan emas bumbu kuning. Ikan emas dimasak sebelumnya digoreng dengan minyak sedikit hingga setengah kering. Memasaknya menggunakan beberapa bahan alami misalnya saja andaliman, asam cikala, kunir, bawang merah, bawang putih dan masih banyak bumbu kuning lainnya. Anda juga dapat menambahkan serai dan lengkuas yang ada.

3. Dengke Mas na Niura

Jenis makanan ini biasanya dikhususkan untuk dihidangkan pada raja. Makanan ini biasanya tidak digunakan untuk memasak. Namun disiram dengan bumbu dalam keadaan mentah dan hanya bumbu tersebut yang memasaknya. Untuk itu rasa masakan akan terasa lebih enak da lezat. Sehingga akan dirasakan rasanya berbeda dengan jenis masakan lainnya karena penyajiannya yang tanpa dimasak.

4. Itak Gurgur

Apabila Anda pernah mengkonsumsi lampet maka jenis makanan ini memang hampir sama. Jenis makanan ini memang dirasakan memiliki rasa manis dan gurih yang membuatnya terasa lebih nikmat. Bahan pembuatan dari makanan ini adalah beras yang dihaluskan, kelapa muda, gula pasir yang dicampur dengan sedikit air panas. Cara pengolahannya dengan mengukusnya dengan air mendidih.

Leave a Reply