Category: Kesehatan

biang keringat pada bayi

3 Tips Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi dengan Aman

Pernahkah bunda mendengar kata biang keringat? Apalagi mengenai biang keringat pada bayi? Biang keringat itu sendiri merupakan bintik – bintik kecil merah yang terjadi pada kulit bayi seperti misalnya pada leher, pada tangan, pada dahi, dan juga pada bagian lekuk tubuh pada bagian bayi lainnya. Faktor penyebab dari timbulnya biang keringat itu sendiri bermacam – macam. Seperti misalnya faktor suhu yang terlalu dingin ataupun sebaliknya, faktor pakaian, faktor kesehatan, dan juga faktor yang lainnya. Namun, jangan khawatir bunda setiap masalah pasti akan ada jalan keluarnya. Jadi, pasti ada jalan dalam mengatasi biang keringan pada bayi. Oleh karena itu yuks simak tips mengatasi biang keringat pada bayi dengan aman sebagai berikut :

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

  1. Memberikan bedak bayi

Memberikan bedak bayi juga dianggap mampu mengatasi biang keringat. Berikan bedak yang aman untuk bayi yang tidak mengandung bahan – bahan kimia yang berbahaya. Baby powder bisa anda gunakan sebagai menjaga sekaligus mengatasi biang keringat bayi anda. Cara memberikannya ialah berikan bedak bayi setelah bayi dimandikan, lalu usaplah tubuh bayi yang basah dengan menggunakan handuk halus atau waslap. Setelah itu, aplikasikan bedak bayi pada tubuh bayi yang terkena biang keringat.

  1. Berikan pakaian yang bisa menyerap keringat bayi

Dalam hal ini, gunakan pakaian dari serat alami untuk bayi anda. Hindari memakaikan pakaian yang tidak bisa menyerap keringat, akibatnya tidak mampu menahan panas yang ada dalam tubuh dan keringat bayi tidak bisa keluar. Jangan memberikan pakaian yang terlalu ketat untuk bayi, gunakan pakaian yang longgar untuk si kecil.

  1. Jangan membiarkan bayi berada dalam suhu yang terlalu panas ataupun sebaliknya

Seperti yang kita tahu, bahwa penyebab utama dari timbulnya biang keringat pada bayi ialah faktor suhu. Jadi, jangan terlalu lama membiarkan bayi tetap berada pada suhu dingin ataupun suhu panas yang berlebihan. Tak hanya itu, siapkan kipas ketika sedang berada diluar rumah bersama bayi agar mampu menjaga suhu tubuh bayi tetap seimbang.