Category: manfaat kuliner

Bumbu Masak

Ragam Bumbu Masak Beserta dengan Manfaatnya

Bumbu adalah bagian yang tidak terpisahkan dari masakan, ibarat sayur tanpa garam maka masakan tanpa bumbu adalah mustahil. Sebab, masakan yang enak sudah pasti adalah hasil dari perpaduan bumbu-bumbu yang pas dan cara memasak yang benar pula.

Peran bumbu untuk masakan selain untuk mencipatakan rasa yang enak juga berfungsi untuk memberi warna dan aroma yang sedap untuk masakan. Dengan formulasi bumbu yang berbeda, bahan masakan yang sama akan menghasilkan rasa yang berbeda pula.

Dalam dunia kuliner, bumbu-bumbu dapur ini dikategorikan ke dalam berbagai golongan salah satunya adalah golongan bumbu basah. Yang termasuk ke dalam golongan bumbu-bumbu basah ini misalnya kunyit, kencur, jahe, temu kunci, bawang-bawangan, serai, cabai, dll.

Temu kunci

Temu kunci adalah jenis rempah-rempah yang dipakai di masakan-masakan Asia Tenggara. Ini merupakan rempah-rempah asli Jawa dan Sumatera dan masih dari keluarga jahe. Bentuknya mirip jari telunjuk, langsing, memanjang dan lurus. Bisa digunakan untuk membuat sayur bening, selada, hidangan ikan dan urap. Caranya pilih umbi yang sudah tua, kupas lalu memarkan dan masukan ke dalam masakan, atau bisa juga dengan cara diiris dan ditumis bersama bumbu-bumbu yang lain.

Kunyit

Kunyit sangat populer digunakan untuk berbagai masakan tradisional Indonesia. Bumbu ini memiliki ciri-ciri seperti jari tangan, warna cokelat kekuningan dan kulitnya bergaris-garis. Aromanya sangat khas dan sedikit pahit, selain memberi warna kuning pada masakan, kunyit juga memberi aroma dan rasa khas pada masakan. Beberapa jenis masakan yang memakai kunyit misalnya opor, gulai, kari dan nasi kuning.

Jahe

Jahe atau Zingiber Officinale adalah tanaman rimpang yang populer sebagai rempah-rempah dan obat. Bentuknya seperti jari dan beruas-ruas. Rasa nya pedas karena senyawa keton bernama zingeron. Jahe ada dua macam yaitu jahe putih dan jahe merah. Jahe putih digunakan untuk bumbu dan jahe merah untuk obat. Aromanya tajam dan segar dengan rasa pedas dan panas.

Jahe biasanya dipakai untuk aneka masakan seperti tumis dan hidangan berkuah terutama seafood. Jahe dengan aromanya yang tajam dapat menghilangkan bau anyir dari ikan atau daging. Jahe bubuk dapat digunakan untuk menambah aroma pada kue, biskuit bahkan sirup.

 

Inilah Khasiat Teh Bagi Manusia

Teh merupakan salah satu jenis minuman yang diracik dari pucuk daun teh yang disajikan dengan cara diseduh. Minuman teh sudah menjadi salah satu sajian minuman wajib di Indonesia. Sehingga banyak sekali ditemukan beberapa jenis teh mulai dari rasa hingga kemasan yang berbeda. Selain sebagai minuman wajib, ada banyak sekali khasiat teh yang bisa dirasakan terutama untuk kecantikan. Wanita Asia dikenal dengan kulitnya yang khas dan kecantikan kulitnya yang sangat eksotis. Karena sebagian besar wanita Asia terutama Indonesia menggunakan ramuan alami dan tradisional sejak dahulu kala. Salah satunya dengan memanfaatkan teh. Berikut ini merupakan beberapa manfaat teh yang bisa digunakan untuk menjaga kecantikan kulit Anda.

1. Menjaga Kecantikan Wajah

Teh merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan ini selain dapat mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker pada kulit dan bagian tubuh lainnya, antioksidan dapat membantu merawat kecantikan wajah Anda. Khasiat teh untuk kecantikan yaitu bisa mengurangi kekeringan pada kulit wajah Anda dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Selain itu, bagi Anda yang sering sekali bergadang, Anda akan memiliki masalah yang sangat mengganggu yaitu mata panda. Mata panda sangat sering ditemui apabila Anda kurang tidur dan dalam kondisi yang sangat lelah. Kandungan Tanin pada teh dapat membantu menyegarkan mata Anda dengan menempelkan kantung teh yang sudah dipakai di mata Anda.

2. Rambut

Rambut merupakan mahkotanya para kaum hawa. Memiliki rambut yang berkilau dan sehat membuat Anda percaya diri. Dengan memiliki kepercayaan diri yang cukup membuat penampilan Anda lebih menarik. Anda bisa menggunakan air endapan dari teh hijau yang telah diendapkan selama semalam sebagai shampoo. Namun, untuk membersihkan teh yang menempel pada rambut, Anda bisa menggunakan shampoo pada bilasan terakhir. Kandungan Pathenol pada teh hijau berfungsi untuk menyehatkan rambut Anda. Sehingga rambut Anda tidak mudah rusak dan bercabang serta lebih berkilau.

3. Gigi

Memiliki senyum yang indah dengan gigi yang putih berkilau mungkin hanya ada di iklan-iklan saja. Khasiat teh untuk kecantikan yang lainnya yaitu bisa memperindah gigi Anda. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan Polifenol pada teh yang dapat membunuh bakteri sehingga gigi Anda terhindar dari plak. Sehingga Anda bisa memiliki senyum indah yang menampilkan deretan gigi putih Anda.

Cantik mungkin relatif bagi beberapa orang. Tetapi Anda bisa tampil dengan cantik alami dengan bahan-bahan yang alami pula. Cantik tidak perlu mahal, dengan mengetahui khasiat teh untuk kesehatan diatas, Anda bisa tetap menjaga kecantikan wajah, rambut dan gigi Anda dari luar dan dalam. Anda bisa menggunakan teh dari Sariwangi sebagai teh dan minuman yang bisa menjaga kecantikan Anda.

Semoga bermanfaat!