Bumbu Masak

Ragam Bumbu Masak Beserta dengan Manfaatnya

Bumbu adalah bagian yang tidak terpisahkan dari masakan, ibarat sayur tanpa garam maka masakan tanpa bumbu adalah mustahil. Sebab, masakan yang enak sudah pasti adalah hasil dari perpaduan bumbu-bumbu yang pas dan cara memasak yang benar pula.

Peran bumbu untuk masakan selain untuk mencipatakan rasa yang enak juga berfungsi untuk memberi warna dan aroma yang sedap untuk masakan. Dengan formulasi bumbu yang berbeda, bahan masakan yang sama akan menghasilkan rasa yang berbeda pula.

Dalam dunia kuliner, bumbu-bumbu dapur ini dikategorikan ke dalam berbagai golongan salah satunya adalah golongan bumbu basah. Yang termasuk ke dalam golongan bumbu-bumbu basah ini misalnya kunyit, kencur, jahe, temu kunci, bawang-bawangan, serai, cabai, dll.

Temu kunci

Temu kunci adalah jenis rempah-rempah yang dipakai di masakan-masakan Asia Tenggara. Ini merupakan rempah-rempah asli Jawa dan Sumatera dan masih dari keluarga jahe. Bentuknya mirip jari telunjuk, langsing, memanjang dan lurus. Bisa digunakan untuk membuat sayur bening, selada, hidangan ikan dan urap. Caranya pilih umbi yang sudah tua, kupas lalu memarkan dan masukan ke dalam masakan, atau bisa juga dengan cara diiris dan ditumis bersama bumbu-bumbu yang lain.

Kunyit

Kunyit sangat populer digunakan untuk berbagai masakan tradisional Indonesia. Bumbu ini memiliki ciri-ciri seperti jari tangan, warna cokelat kekuningan dan kulitnya bergaris-garis. Aromanya sangat khas dan sedikit pahit, selain memberi warna kuning pada masakan, kunyit juga memberi aroma dan rasa khas pada masakan. Beberapa jenis masakan yang memakai kunyit misalnya opor, gulai, kari dan nasi kuning.

Jahe

Jahe atau Zingiber Officinale adalah tanaman rimpang yang populer sebagai rempah-rempah dan obat. Bentuknya seperti jari dan beruas-ruas. Rasa nya pedas karena senyawa keton bernama zingeron. Jahe ada dua macam yaitu jahe putih dan jahe merah. Jahe putih digunakan untuk bumbu dan jahe merah untuk obat. Aromanya tajam dan segar dengan rasa pedas dan panas.

Jahe biasanya dipakai untuk aneka masakan seperti tumis dan hidangan berkuah terutama seafood. Jahe dengan aromanya yang tajam dapat menghilangkan bau anyir dari ikan atau daging. Jahe bubuk dapat digunakan untuk menambah aroma pada kue, biskuit bahkan sirup.

 

Leave a Reply