Sop Buntut, Salah Satu Kuliner Khas Indonesia

Sop Buntut

Sop Buntut, Salah Satu Kuliner Khas Indonesia

Sop Buntut, Salah Satu Kuliner Khas Indonesia

Berbicara mengenai kuliner, setiap daerah atau pun negara pastilah memiliki kuliner khas, termasuk Indonesia yang memiliki kuliner khas sop buntut. Kalau kita menengok pada namanya, tentu kita tahu bahan dasar apa yang digunakan untuk memasak masakan ini. Ya, untuk memasaknya kita menggunakan bahan dasar buntut atau ekor sapi. Ekor sapi ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Namun sebaiknya bagi penderita kolesterol tidak mengonsumsinya karena kandungan kolesterolnya sangat tinggi.

Untuk membuat sop ekor sapi yang lezat dan empuk, ada beberapa trik untuk mengolah buntut sapi. Berikut ini adalah triknya:

  • Rebus buntut sapi dengan 2 liter air, kira-kira 15-20 menit.
  • Angkat buntut sapi, kemudian masukkan ke dalam 2 liter air yang sudah mendidih, lalu rebus kembali sampai benar-benar empuk.
  • Dinginkan buntut, lalu masukkan ke dalam kulkas semalaman agar lemaknya menggumpal dan terpisah.
  • Keesokan paginya ambil lemak dan pisahkan, buntut pun siap untuk dimasak menjadi sop.

Untuk mengolahnya menjadi sop, kita membutuhkan beberapa jenis bumbu, misalnya lada, bawang merah, bawang putih, garam, gula, kemiri, dan penyedap. Untuk penyedap kita bisa menggunakan royco rasa sapi agar lebih terasa sedap. Bahan tambahan lainnya untuk sop seperti sayuran misalnya kentang, wortel, tomat, daun bawang dan daun seledri juga bisa ditambahkan agar memperkaya rasa sop buntut dan terlihat lebih menarik.

 

Leave a Reply