Trekking Hingga Snorkeling, Kegiatan Terbaik Saat Berwisata di Pulau Komodo

Trekking Hingga Snorkeling, Kegiatan Terbaik Saat Berwisata di Pulau Komodo

Indonesia ini punya sangat banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kita bisa lihat dalam lingkup kecilnya melalui Indonesia.travel yang juga merupakan bagian dari peta wisata Indonesia. Nah, bicara soal wisata Indonesia, Pulau Komodo adalah salah satu yang punya daya tarik tinggi. Banyak hal seru yang terdapat di obyek wisata Pulau Komodo. Memang yang menjadi daya tarik utama dari berwisata ke Pulau Komodo adalah binatang komodonya. Akan tetapi lantas bukan berarti hanya Komodo saja yang ada disini. Ada jugabinatang lainnya seperti rusa, kerbaum, biawak, berbagai spesies burung sampai dengan ular. Nah, salah satu kegiatan yang sangat menarik untuk mengeksplor Pulau Komodo ini adalah dengan trekking bersama dengan pemandu tentunya lantaran mengingat bahwa Komodo yang merupakan hewan buas hidup di alam secara bebas sehingga anda yang merupakan orang baru di Pulau Komodo perlu dipandu oleh pawangnya.

Trekking Hingga Snorkeling, Kegiatan Terbaik Saat Berwisata di Pulau Komodo

Ketika melakukan trekking, anda bakal diajak untuk mendaki Gunung Ara yang ketinggiannya 538 mdpl. Anda juga bakal diajak untuk lewat tempat dimana komodo-komodo beristirahat dan minum. Nama tempatnya adalah Water Hole. Jalur trekking untuk wisata Pulau Komodo ini pun ada bermacam-macam yang bisa anda pilih salah satunya. Ada short, medium, long dan bahkan hingga adventure. Panjang jalur trekking sendiri adalah 1 hingga 8 kilometer. Jika anda memang hobi menjelajah dan ingin menikmati keindahan alam, hutan, sungai dan perbukitan, memilih jalur trekking long ataupun adventure adalah sebuah pilihan yang tepat. Kalau short sendiri perjalanan akan berakhir di atas perbukitan yang membuat anda dapat menikmati pemandangan teluk yang begitu indah. Namun menariknya semua jalur trekking melewati Water Hole sehingga kesempatan anda untuk melihat aktivitas Komodo ada begitu besar.

 

Anda bakal ditemani seorang ranger alias pemandu yang juga sekaligus pawang selama melakukan trekking di obyek wisata Pulau Komodo. Ranger juga bakal membekali anda dengan tongkat berupa kayu pohon yang ujungnya bercabang dua. Tongkat tersebut sendiri digunakan sebagai senjata untuk menjinakkan komodo. Semisal saja komodo menyerang, maka ujung tongkat yang bercabang bisa dipakai untuk menekan leher komodo dan dalam waktu singkat komodo biasanya akan berhenti untuk menyerang

Nah, lain dari trekking, kegiatan seru lainnya yang bisa anda lakukan saat berkunjung ke obyek wisata Pulau Komodo adalah menyelam dan snorkeling. Pulau Komodo juga punya keindahan alam bawah laut yang begitu mempesona. Bahkan alam bawah laut disana punya setidaknya 386 jenis terumbu karang, 70 jenis bunga karang, penyu hias, lumba-lumba, rumput laut yang merupakan tumah-rumah bersembunyi bagi berbagai jenis ikan. Lebih menariknya lagi, alam bawah laut di laut Pulau Komodo serta Kawasan Taman Nasional Komodo termasuk bagian dari lokasi menyelam terbaik. Beragam biota laut yang indah bisa anda jumpai. Nah, spot-spot terbaik untuk menyelam di Pulau Komodo antara lain adalah Batu Samsia, Crystal Rock, hingga Toko Toko.

Leave a Reply